Pages

Tuesday, February 26, 2008

TNT : PAPER FOR DUMMIES (BACA : BIKIN SKRIPSI INSTANT)

Ada cara buat bikin skripsi instant tapi wa SANGAT TIDAK MEREKOMENDASIKAN BANGET cara ini. Caranya adalah pake OCR.
OCR...???
Paan tuch...???
OCR = Optical Character Recognition (alat yang dengan bantuan software mampu membaca naskah pada image dan hasil naskah tersebut bisa d edit pula). Extension hasil naskah adalah *.rtf. Alat yang d gunakan adalah scanner. Dan software yang digunakan antara lain : ABBYY FineReader OCR, Readiris OCR software, Ocr Software de el el.

K'napa wa SANGAT TIDAK MEREKOMENDASIKAN BANGET trik OCR. Seperti kita ketahui bersama, Skripsi adalah sebuah karya ilmiah (HASIL SENDIRI BUKAN COPY CAT), d mana d dalamnya terdapat unsur INVESTIGASI, RISET LAPANGAN, KEPUSTAKAAN, TEORI, PRAKTEK, KERJA KERAS, TETESAN KERINGAT, DARAH DAN AIR MATA... :D :D :D ( last 3 words mentioned, *just kidding* :p ).

Trus, alasan wa memasukkan OCR k dalam meteri Blog ini, padahal wa tidak mendukung hal tersebut. Kami hanya memberikan fenomena yang ada. Ada trik COPY CAT dengan menggunakan OCR. Apa artinya kuliah bertaon-taon, kalo skripsi-nya hasil COPY CAT apalagi sampe beli skripsi segala...beugh...!!!

Seringkali hasil OCR Text tidak sama persis. Hal ini karena huruf-huruf tidak terbaca olef software dengan baik atau bisa disebabkan image yang kurang bagus.

Device-device yang wa pake adalah : Scanner Umax Astra 5600, Laser Jet 1010. Software yang wa pake : ABBYY FineReader OCR. Step by step sebagai berikut :

1. Masukkan naskah k Scanner yang mo d bikin OCR.

2. Klik ABBYY FineReader OCR.
D situ ada pilihan "Scan & Read" (OCR), "Scan" (image). Karena wa mo bikin OCR so yang wa pilih "Scan & Read".


2. Klik Preview, akan tampil gambar sebagai berikut.
Recommended : Resolusi d atas 100, area preview lebih besar dari area naskah.

4. Klik Scan, lalu akan tampil progress dalam persen (%).


5. Di bawah ini tampil hasil OCR dalam software ABBYY FineReader OCR.
6. Klik "Save", tinggal taro d folder yang d pengenin.


7. Di bawah ini tampil hasil OCR dalam WordPad. Slahakan d edit kalo ada kata-kata yang salah. Karena seringkali hasil OCR Text tidak seperti aslinya...

D bawah ini image dari naskah dalam format *.JPG.


D bawah ini image dari naskah dalam format *.tif (recommended).
8. Done...!!!
Selamat mencoba... ^_^

2 komentar(s):

Unknown said...

Thank's infonya tapi gue bukan untk scan skripsi loh?! buat data lain keperluan bisnis gue. pokonya info lo sangat bnatu gue deh makasih

Anonymous said...

awal yang baik